Sabtu, 09 Mei 2009

Apa Benar Kegagalan = Kesuksesan yang Tertunda ??


Siapa diantara kita yang tidak pernah gagal ? semua manusia pasti pernah mengalami masa-masa kegagalan walaupun hanya satu atau dua kali. mungkin ada yang pernah gagal dalam tes penerimaan karyawan, gagal dalam berumah tangga, gagal dalam memenangkan tender proyek, dalam pemilhan caleg (hee...he.... tau gak, dari 1,7 jt lebih caleg di pemilu 2009 ini, 1, 5 jt gagal terpilih akhirnya 24 jadi gila, 154 stress berat, 1476 depresi berat) atau dekat-dekat pengumuman hasil UN ini siswa ndak dipungkiri bakalan ada juga siswa gagal yang stress (yaaa.....!!! ). Dihadang persoalan hidup, merasakan kegagalan, memendam rasa frustasi adalah fase dalam kehidupan. Bagaimana kita membuat pilihan dalam menjalani hidup, dan tujuan hidup, itu yang akan menetukan makna, hakikat dan tujuan hidup . Abraham Lincoln (tauji toh ? Presiden USA terpopuler) memilih untuk terus mencoba walau pun masa lalunya sarat kegagalan tak membuatnya stress dan menyerah karena ia memiliki makna dan tujuan hidup untuk menjadi orang sukses.


ABRAHAM LINCOLN :



  • Usia 22 tahun gagal dalam bisnis


  • Usia 23 tahun gagal dalam pemilihan legislatif


  • Usia 24 tahun gagal (lagi) dalam bisnis


  • Usia 26 tahun kekasihnya (waduh gawat neh.. ) meninggal dunia


  • Usia 27 tahun menderita penyakit gugup


  • Usia 29 tahun gagal dalam pemilihan ketua legislatif


  • Usia 34 tahun gagal dalam pemilihan kongres


  • Usia 39 tahun gagal (lagi) dalam pemilihan kongres


  • Usia 42 tahun gagal dalam pemilihan senat


  • Usia 47 tahun gagal dalam pemilihan wakil presiden


  • Usia 51 tahun terpilih menjadi presiden Amerika Serikat ke 16

Kegagalan demi kegagalan, itulah yang dialami oleh Abraham Lincoln sebelum sukses menjadi presiden Amerika Serikat yang namanya paling terkenal dalam sejarah. SUKSES, itulah predikat yang pantas diberikan pada Abraham Lincoln setelah sekian kali gagal.


Dari perjalan hidup Abraham Lincoln di atas, bahwa dibalik kesuksesan ada setumpuk kegagalan (jadi gagal Its' Okey ). Seorang bayi, ketika mulai belajar bicara, ia harus melewati "kegagalan" dalam mengucapkan huruf, kata dan kalimat. sebelum seseorang anakbisa berjalan, bahkan berlari, pasti mengalami jatuh berkali-kali.


Ada beberapa penyebab kegagalan :




  1. Kita sering menilai kemampuan kita terlalu rendah;


  2. Setiap kali bertindak, kita sering terpengaruh oleh mitos yang muncul di masyarakat;


  3. Biasanya kita terlalu melankolis dan suka memvonis diri terlebih dahulu bahwa kita dilahirkan dalam keadaan bernasib buruk;


  4. Kita cenderung bersikap tidak tau atau tidak mau tau dari mana kita memulai kembali suatu usaha.

Dengan mengetahui penyebab kegagalan, tentunya kita akan menjadi yakin mengatasinya. bila mengalami sembilan kali kegagalan dari sepuluh kali percobaan, sebaiknya kita sepuluh kali lebih giat. Dengan memiliki sikap dan pemikiran semacamitu, kita akan mejadi sosok manusia yang selalu optimis akan masa depan. Dengan demikian, janganlah kita suka mengukur seseorang dengan menghitung berapa kali dia jatuh. Tapi, ukurlah berapa kali ia bangkit kembali !!!!


Buat para caleg, masih ada pileg 2009 klo ndak kapok/poge' heee...he... cayoo.... !!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar